in

Bermacam-macam Cabai Terpedas di Indonesia, Bahkan di Dunia

NgakakOnline.id – Makanan pedas menjadi primadona bagi kebanyakan orang. Khususnya bagi masyarakat Indonesia, makanan pedas sudah menjadi favorit. Rasanya pasti hambar jika makan tanpa ada satu rasa pedas dalam menu. Ternyata si pembuat rasa pedas ini alias cabai terpedas ada banyak jenisnya. Khususnya di Nusantara ada banyak jenis cabai terpedas yang populer karena cita rasa pedasnya yang khas.

 

  1. Cabai Gendot

cabai terpedas

Di daerah Jawa Barat cabai jenis ini dikenal dengan nama cabai gendot atau bendot. Berbeda dengan di Jawa Tengah yang menyebut cabai ini dengann nama cabai gendol. Tampilan fisiknya hampir menyerupai paprika namun lebih mini. Namun meskipun bentuknya yang mmungil, tingkat kepedasan cabai ini melebihi cabe rawit. Cabai ini sangat populer di kawasan Dieng, Jawa Tengah.

 

  1. Cabai Domba

cabai terpedas

Jenis cabai ini adalah salah satu jenis yang paling populer di Indonesia. Orang juga sering menyebut dengan nama cabai rawit pitih. Bentuknya agak gemuk dan tumpul dengan warna beragam mulai dari hijau pucat, orange hingga putih. Biasanya cabai domba jadi bahan utama dalam pembuatan aneka sambal dan  berbagai olahan makanan pedas lainnya. Cabai jenis ini banyak tumbuh di daerah Jawa Barat.

 

3. Cabai Katokkon

cabai terpedas

Jika dilihat sekilas cabai ini mirip dengan cabai gendot. Cabai Katokkon berasal dari Tana Toraja, Sulawesi Selatan dan jika dilihat bentuknya lebih bulat mirip tomat dengan diameter kurang lebih 2 hingga 3 cm per buah. Ada hal yang cukup unik, cabai ini ternyata sangat sulit tumbuh di luar Tana Toraja. Selain itu hanya bisa tumbuh di dataran tinggi sekitar 1000 hingga 1500 mdpl. Rasa pedasnya pun dikenal melebihi  rasa pedas cabai rawit biasa.

 

  1. Cabai Hiyung

cabai terpedas

Cabai jenis ini tidak kalah unik, konon jika ditanam di luar habitat aslinya, rasa pedasnya akan berkurang. Cabai hiyung memilki habitat asli di desa Hiyung, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Cabai Hiyung disebut-sebut sebagai cabai terpedas di Indonesia bahkan masuk dalam 10 jenis cabai terpedas di dunia. 

Warna merahnya yang begitu menggoda dengan permukaan mulus mengkilap dan sedikit lebih besar disebut 17 kali lebih pedas dari cabai biasa. Kelebihan dari cabai Hiyung adalah dapat bertahan 10 hari di suhu ruang.

 

  1. Cabai Jawa

cabai terpedas

Cabai Jawa juga dikenal sebagai cabai jamu. Bentuknya ramping disertai bulir kasar di seluruh permukaannya. Biasanya cabai jenis ini digunakan  sebagai obat herbal. Konon berkhasiat untuk meredakan demam, meluruhkan batu ginjal, hingga meningkatkan vitalitas pria. Untuk tingkat kepedasan hampir sama dengan cabai pada umumnya. Cabai jawa biasanya dikeringkan dahulu sebelum diolah.

Itulah beberapa jenis cabai populer yang ada di Indonesia. Bagi kalian penyuka makanan pedas pasti kehadiran mereka sangat dinanti. Mengkonsumsi makanan pedas ternyata juga banyak manfaatnya, selain untuk meningkatkan metabolisme tubuh, menyehatkan jantung, juga dapat membangkitkan mood.

Baca Juga :

VIRAL Wanita Tak Mau Bayar Pesanan Makanan via Ojol, Kunci Pintu & Usir Driver seusai Terima Makanan

Viral Beli Rumah Idaman dapat Hadiah Janda Muda loh, Mau?

Yuk follow juga instagram kita @ngakakonline.id dijamin bakal bikin kamu ngakak

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, telepon dan teks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Muncul di Depan DPR Ngaku Presiden RI dan Minta Dikawal, Edi Diamankan Polisi

Muncul di Depan DPR Ngaku Presiden RI dan Minta Dikawal, Edi Diamankan Polisi

Gambar Nyeleneh

Gambar Nyeleneh Murid ini Sukses Bikin Guru Gagal Paham