in

BRI Perluas Layanan Perbankan di Kanal Marketplace E-commerce Bukalapak

Pada tanggal 28 November 2017, Bukalapak telah menandatangani nota kesepakatan dengan Bank BRI untuk pemanfaatan sejumlah produk perbankan yang nantinya digunakan untuk mendukung infrastruktur dan pembayaran di platform marketplace Bukalapak.

Dalam kerja sama tersebut, Bank BRI berkomitmen untuk menyediakan fasilitas perbankan kepada Bukalapak, seperti:

  • Penyertaan layanan Briva Online
  • CMS payment priority
  • Layanan E-pay
  • Layanan WS Overbooking
  • Berbagai produk layanan perbankan lainnya.

 

Sekadar informasi, Briva sendiri merupakan virtual account BRI yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran melalui seluruh jaringan BRI dan ATM Bank lain.

Sedangkan E-pay adalah salah satu sarana pembayaran belanja pembayaran online yang praktis dan aman menggunakan internet banking BRI.

Buka peluang kolaborasi yang lebih besar di masa mendatang
Direktur Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto menjelaskan bahwa penandatanganan MOU ini menyangkut penyelenggaraan aktivitas kerja sama B2B mulai dari pengelolaan keuangan (cash management system), hingga potensi penyaluran kredit usaha rakyat lewat e-channel yang dimiliki oleh BRI.

Ini artinya ada kemungkinan bagi BRI untuk menyediakan akses pinjaman bagi merchant UKM Bukalapak, bila kedua belah pihak sepakat di kemudian hari.

Bagi CEO Bukalapak Ahmad Zaky, kolaborasi bersama pemegang kapital seperti lembaga perbankan juga memungkinkan untuk mendorong pemanfaatan teknologi AI dan Big Data guna memberikan rekomendasi bisnis dan financing demi membantu efisiensi pelapak dalam berbisnis.

Zaky menjelaskan apabila teknologi semacam ini ke depannya dapat dimanfaatkan dengan baik, bukan hal yang tidak mungkin jika pelaku UKM akan semakin terbantu dengan keberadaan marketplace e-commerce di Indonesia.

Penandatanganan kesepakatan kerja sama antara sejumlah startup dengan beberapa institusi perbankan dalam beberapa waktu terakhir memperlihatkan geliat menarik terkait dengan integrasi layanan institusional ke dalam platform digital milik swasta.

Di bulan yang sama pada awal November 2017, GO-JEK juga telah menandatangani nota kesepahaman dengan Bank DKI untuk meningkatkan inklusi uang nontunai di tengah-tengah masyarakat, khususnya di wilayah ibukota Jakarta.

Langkah tersebut kemudian diikuti dengan hadirnya layanan pembayaran tagihan listrik dan BPJS bernama GO-BILLS yang sudah bisa diakses pengguna ke dalam aplikasi transportasi on-demand tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

pemalu

Tips & Trick – Tips Untuk Mendapatkan Pasangan

menyusui

Cerita Lucu – si Budi dan Mahmud (Mamah-mamah Muda)