in

Beginilah Rahasia Proses Pembuatan Tahu Sumedang dibalik Rasa Lezatnya yang Melegenda

NgakakOnline.id – Melansir dari goodnesfromindonesia, ternyata ada rahasia lain dibalik proses pembuatan tahu sumedang. Berikut 7 diantaranya yang dikutip dari buku Indonesia Poenja Tjerita.

Bahan baku tahu Sumedang menggunakan kedelai lokal. Walaupun lebih kecil namun dipercaya memiliki cita rasa lebih lezat daripada kedelai impor. Pembuatan tahu Sumedang juga dipengaruhi oleh kandungan air daerah tersebut yang mengandung banyak mineral seperti kalsium.

Kandungan inilah yang dipercaya membuat tahu lebih kenyal dan awet walau tanpa bahan pengawet buatan. Sebelum diolah menjadi tahu, kedelai direndam dahulu selama lima jam. Janga sampai lebih karena jiika melebih waktu lima jam maka rasa akan berubah.

Hal yang tak kalah penting lagi adalah kebersihan mesin penggiling dan peralatan. Karena sari kedelai yang tertinggal di dalam mesin akan membuat tahu menjadi asam. Kemduian, percampuran cukai dengan sari kedelai dilakukan sedikit demi sedikit sembari diaduk, tak dilakukan secara sekaligus. Hal ini akan membuat sari kedelai menggumpal sempurna.

Beda dari yang lain, tahu Sumedang tidak menggunakan bahan pengawet buatan. Penggorengan dilakukan dengan menggunakan minyak baru dan berlimpah pada suhu paling tinggi. Dulu, proses penggorengannya bahkan dengan minyak kacang. Siapa nih yang doyan banget tahu sumedang?

Sumber : goodnesfromindonesia

Halo Ngakakonlinelovers!! Agar tetap up to date dengan kiriman ngakakonline, jangan lupa susbcribe fanspage kita ya. caranya seperti gambar dibawah ini –>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Inilah Beberapa Kuliner Indonesia yang Tidak Hanya Populer di dalam Negeri.

Danau di Amerika Serikat ini Miliki Nama Terpanjang dan Teraneh.