in

10 Bahasa Kekinian Ini Resmi Masuk KBBI

NgakakOnline.id – 10 Bahasa kekinian ini resmi masuk KBBI ! Semua bahasa di dunia termasuk Indonesia pasti mengalami perkembangan sepanjang waktu. Setiap perbendaharaan kata baru bisa kamu lihat di dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia. 

Menariknya, KBBI mengikuti perkembangan peradaban masyarakat Indonesia yang terus berubah. 

bahasa kekinian

Kamus edisi pertama yang terbit pada tahun 1988 berisi 62 ribu kata Bahasa Indonesia. Pada tahun 2016 tercatat ada lima edisi terbitan dengan edisi terakhir berisi 127.036 kata.

Baru-baru ini KBBI memasukan kata-kata non formal atau yang biasa disebut dengan “slang” (bahasa kekinian) ke dalam perbendaharaan kata. 

Dilihat dari unggahan akun instagram @membetulkan, akun tersebut memperlihatkan contoh kata non formal yang sekarang sudah diakui KBBI. Lalu kata-kata apa saja yang sudah resmi dalam KBBI? Mari disimak.

  1. Alay : Anak layangan, gaya hidup berlebihan untuk menarik perhatian
  2. Cihui : Kata seru untuk menandakan gembira
  3. Gebetan : Seseorang yang sedang naksir atau disukai
  4. Kepo: Rasa ingin tahu yang berlebihan tentang kepentingan atau urusan orang lain.
  5. Kicep : Diam karena takut atau gelisah
  6. Lebay : Berlebihan (tentang gaya berbicara, penampilan, dan sebagainya
  7. Meme : Cuplikan gambar dari acara televisi, film, dan sebagainya atau gambar-gambar buatan sendiri yang dimodifikasi dengan menambahkan kata-kata atau tulisan-tulisan untuk tujuan melucu dan menghibur
  8. Nyokap : Ibu
  9. Saltik : Salah Ketik
  10. Vlog : Blog yang isinya berupa video

Kata-kata tersebut diunggah oleh akun @membetulkan dengan sumber KBBI. Bukan tidak mungkin kedepannya akan ada ribuan kata lain yang disahkan KBBI. Masyarakat Indonesia sendiri memang dikenal cukup kreatif dalam membuat kosa kata baru.

Bahasa Indonesia juga dikenal banyak istilah-istilah unik diluar nalar yang biasa digunakan sehari-hari. Contohnya adalah beberapa perumpaan seperti buaya darat yang artinya playboy dalam bahasa Inggris. Entah dari mana asal usul penamaan tersebut. Padahal faktanya buaya jantan hanya kawin satu kali seumur hidupnya bahkan jika betinanya mati lebih dulu. 

Sebenarnya diantara kosakata aneh yang berkembang di masyarakat Indonesia memiliki arti yang aneh jika diterjemahkan ke bahasa Inggris, selain itu memiliki arti yang berbeda pula. Misalnya buaya darat, yang jika diterjemahkan ke bahasa inggris adalah land crocodile. 

Selain itu ada polisi tidur atau sleeping policeman, tahi lalat (fly poos) atau yang biasa disebut “beauty marks” dan masih banyak lagi. Tentunya kosa kata tersebut memiliki terjemahan dan arti yang berbeda dan bisa bikin orang luar ngakak.

Baca Juga :

Video Penampakan ‘HANTU’ Boneka Ventriloquist Ex Perang Dunia 2 Ini Viral!

Geger, Harga Semangkok Mie Rp1,9 Miliar

Yuk follow juga instagram kita @ngakakonline.id dijamin bakal bikin kamu ngakak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Geger Harga Semangkok Mie Rp1,9 Miliar

Geger Harga Semangkok Mie Rp1,9 Miliar

Chef Unik dengan Gaya Masak Barbar Asal Purwodadi

Chef Unik dengan Gaya Masak Barbar Asal Purwodadi