in

Api Biru di Kawah Ijen Menjadi Fenomena Alam Terlangka yang Hanya Terjadi di Dua Negara.

NgakakOnline.id – Melansir dari liputan6, Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen. Tingginya mencapai 2.443 meter di atas permukaan laut (mdpl), dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5.466 hektar.

Danau kawah Ijen merupakan danau air asam terbesar di dunia. Kawah Ijen berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Setiap dini hari, sekitar pukul 02.00 hingga 04.00, di sekitar kawah dapat dijumpai fenomena blue fire atau api biru (dikenal juga sebagai api abadi), yang menjadi ciri khas Kawah Ijen. Warna biru cerah api adalah hasil pembakaran gas sulfur pada suhu yang sangat tinggi, di atas 360 derajat Celcius.

Ketika gas-gas ini bersentuhan dengan oksigen, partikel ini pun akan menghasilkan pemandangan api biru yang mempercantik suasana. Pemandangan alami tersebut pun terbilan langka karena hanya terjadi di dua tempat di dunia, yakni Indonesia dan Islandia.

Sumber : liputan6

Halo Ngakakonlinelovers!! Agar tetap up to date dengan kiriman ngakakonline, jangan lupa susbcribe fanspage kita ya. caranya seperti gambar dibawah ini –>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Danau di Amerika Serikat ini Miliki Nama Terpanjang dan Teraneh.

Ada-ada Saja, Pria Jepang ini Dirikan Bisnis Menyewakan Teman Curhat