in

8 Sumber Kalsium Dari Hewani Yang Baik Untuk Tulangmu

Kalsium merupakan mineral yang sangat penting bagi tubuh manusia. Selain baik untuk tulang dan otot, kalsium juga bagus untuk saraf, kerja jantung, melancarkan peredaran dan menormalkan tekanan darah, mencegah osteoporosis, mengatasi keram, rematik, masalah haid, menopause, kencing manis, dan masih banyak lagi.

Setelah berumur 20 tahun, jumlah kalsium dalam tubuh manusia akan terus menurun sebanyak 1% per-tahunnya, dan setelah umur 50 tahun, akan kembali menyusut sebanyak 30%. Penyusutan akan mencapai 50% ketika usia kita mencapai 70 tahun, dan disitulah masa-masa kritis dimana tubuh “sangat” membutuhkan tambahan asupan kalsium lebih.

Untuk mengatasi masalah kekurangan kalsium tidak perlu membeli susu khusus yang harganya mahal, bisa dimulai dengan mengganti menu makanan kita sehari-hari dengan makanan dan minuman yang kaya akan kalsium.

1. Susu Sapi

Susu merupakan produk olahan kaya kalsium yang paling populer dan banyak disukai. Dalam 100 gram susu sapi terkandung 125 miligram kalsium. Disarankan untuk meminum susu sapi murni sebanyak 2 gelas (400 liter) perhari untuk memenuhi kebutuhan kalsium.

2. Keju

Buat kamu yang alergi protein susu, bisa jadikan keju sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan kalsium perharinya. Kamu bisa memakannya langsung atau menjadikannya sebagai bahan campuran makanan lainnya.

3. Yoghurt

Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, yoghurt juga bisa membantu dalam melancarkan pencernaan. Ini menjadi pilihan sumber kalsium yang tepat buat kamu yang sedang menjalani program diet.

4. Sumsum Tulang Sapi

Sumsum tulang sapi memiliki banyak sekali kandungan yang baik bagi tubuh, selain memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi, juga mengandung zat besi dan fosfor yang sangat baik untuk otak dan tulang. Sangat baik untuk memaksimalkan kecerdasan otak anak dan mempercepat pemulihan tulang yang patah.

5. Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan mineral yang tinggi dan sangat baik untuk penderita diabetes. Selain memiliki kandungan protein ikan salmon juga baik untuk tulang dan gigi karena mengandung vitamin D yang tinggi. Kandungan penting lainnya yang terdapat pada ikan salmon adalah asam lemak omega-3, vitamin B-12, kalium, selenium, dan banyak lagi. Ikan salmon baik juga untuk jantung, perkembangan otak pada anak, serta baik untuk kulit dan rambut.

6. Ikan Sarden

Ikan kecil ini memiliki kandungan baik yang hampir setara dengan ikan salmon, terdiri dari energi, protein, lipid atau lemak, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium dan seng. Vitamin dalam sarden meliputi thiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, folat, vitamin B12, A, D, E dan vitamin K. ikan sarden baik untuk mencegah penyakit jantung, pembekuan darah, anti kanker, memperkuat tulang dan sistem imun, serta baik untuk kulit. Tetapi mengandung purin dan tingkat merkuri yang tinggi serta dapat menimbulkan reaksi alergi, jadi jumlah konsumsinya harus “sangat-sangat” dibatasi.

7. Udang

Udang merupakan sumber vitamin, mineral, protein, asam amino, dan rendah kalori. Udang baik untuk tulang karena memiliki kandungan vitamin D yang tinggi, serta baik untuk kesehatan jantung, mencegah anemia, serta cocok untuk menu diet karena rendah kalori dan tinggi akan protein.

8. Kerang

Kerang memiliki kandungan lemak dan kalori yang sangat rendah, juga merupakan sumber mineral yang baik karena mengandung tembaga, iodium, zinc, zat besi, kalium dan selenium. Juga mengandung vitamin A, vitamin E, dan vitamin B kompleks. Kerang memiliki zat berbahaya lebih banyak dibanding ikan sarden karena cepat menyerap poluton, bakteri salamonella, dan virus seperti hepatitis A, jadi harus benar-benar diperhatikan dalam pengolahannya secara baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

dipaksakan

Cinta yang Dipaksakan Akan Membuatmu Menderita, Dia Pun Tak Akan Bahagia

cctv

Cerita Lucu Bikin Ngakak “Gara-Gara CCTV”