in

Wow, 5 Nama Penyakit ini Cuma Ada di Indonesia!

NgakakOnline.id – Bakteri atau mikroorganisme dan virus menjadi penyebab utama suatu penyakit yang menyerang tubuh manusia. Setiap penyakit juga memiliki nama penyakit yang beragam. Sistem nama penyakit yang digunakan saat ini memiliki sejarah berumur puluhan bahkan ratusan tahun. Indonesia sendiri banyak sebutan penyakit dengan nama yang unik.

Ini nih nama – nama penyakit yang cuma bisa kamu temui di Indonesia!

penyakit

  1. Angin Duduk

Di Indonesia gejala masuk angin yang parah sering kali disebut sebagai ‘angin duduk’ dan dikenal sangat mematikan. Namun secara medis, angin duduk tidak disebabkan karena angin yang masuk ke dalam tubuh. Gejalanya yang mirip dengan masuk angin membuat orang Indonesia menamakannya ‘angin duduk’. Dalam dunia medis, angin duduk disebut ‘Agina Pectoris’ dan ini bukanlah suatu penyakit namun penyempitan pembuluh darah dalam jantung.

penyakit

  1. Masuk Angin

Cuma di Indonesia yang ada nama penyakit masuk angin. Masuk angin adalah kondisi dimana tubuh terasa pegal, kembung, buang angin terus menerus, mual, batuk, flu dan demam. Dalam dunia kedokteran sendiri, masuk angin tidak ada dalam literaturnya,  ini hanyalah sebutan yang dibuat oleh orang Indonesia sendiri. Tidak ada artian secara harfiah karena gejala tersebut bukan disebabkan karena masuknya angin ke dalam tubuh.

 

penyakit

  1. Kesemutan

Kamu pasti pernah ngerasain yang namanya kesemutan. Kesemutan adalah sensasi abnormal yang terjadi pada syaraf-syaraf tertentu seperti pada kaki atau lengan. Dalam istilah medis, gejala ini disebut ‘parestesia’ namun kita biasa menyebutnya dengan ‘kesemutan’ karena sensasi yang dihasilkan sama seperti saat dikerubungi semut.

 

penyakit

  1. Paru- paru Basah

Paru – paru basah adalah nama penyakit yang biasa masyarakat Indonesia sebut sebenarnya adalah ‘pneumonia’ atau radang paru akut, gejalanya adalah batuk hingga sesak nafas. Paru-paru basah adalah istilah awam untuk penyakit paru – paru yang terisi

cairan.

penyakit

  1. Bengek

Tidak ada dalam istilah medis penyakit dengan nama penyakit ‘bengek’, sebenarnya bengek adalah kondisi dimana munculnya suara khas karena udara yang melewati saluran nafas yang menyempit. Di dunia kedokteran bengek adalah gejala yang disebabkan oleh asma atau penyakit paru – paru obstruktif kronik (PPOK). Penyakit ini menyebabkan penyempitan dan kejang otot pada saluran udara kecil paru – paru atau pembengkakan di tenggorokan atau saluran nafas hingga terjadilah ‘bengek’.

Baca juga : Tawuran Antarwarga di Manggarai yang Terus Terulang

Nah itulah beberapa nama-nama penyakit umum yang cuma ada di Indonesia. Kira- kira penyakit apa lagi ya, yang cuma ada di Indonesia? 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

VIRAL Tangisan Siswi SMA yang Cedera Tulang Belakang Karena Candaan Tarik Kursi

VIRAL Tangisan Siswi SMA yang Cedera Tulang Belakang Karena Candaan Tarik Kursi

Tradisi Unik Menjual Anak di Indonesia yang Mungkin Jarang Diketahui Banyak Orang