in

Kesehatan – 4 Jenis Diet Sehat yang Bisa Kamu Coba

Diet memiliki beberapa manfaat tergantung dari tujuan pelaku diet itu sendiri, yang identik dan paling banyak diketahui adalah diet untuk menurunkan berat badan. Pelaku cenderung mengurangi porsi makan setiap harinya, tetapi cara yang baik dan benar adalah dengan mengurangi makanan yang banyak mengandung karbohidrat saja seperti nasi, mie, gula dan sebagainya, serta lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan nutrisi tinggi seperti dada ayam, kacang kedelai, sayuran hijau, dan lainnya.

Selain dari tujuannya, diet sehat juga bisa dibedakan kedalam jenis-jenisnya masing-masing sesuai dengan gaya dan kebutuhanmu. Berikut adalah beberapa jenis diet sehat yang mungkin bisa menunjang gaya, taste dan karakteristik dari pelakunya yang berbeda-beda.

 

1. Diet Keto

Jenis diet yang paling cocok buat kamu yang ingin menurunkan berat badan secara cepat. Cara melakukan diet jenis ini adalah dengan mengurangi, atau kalau bisa menghindari makanan yang mengandung karbohidrat. Karena tidak adanya asupan karbohidrat, tubuh akan memasuki fase ketosis dimana gula darah menjadi drop dan tubuh mengambil lemak sebagai sumber energi. Untuk menurunkan berat badan akan lebih maksimal apabila diiringi dengan olah raga fisik untuk semakin mempercepat proses pembakaran lemak, tetapi jangan terlalu memaksakan diri dan perbanyak minum air putih ya.

 

2. Diet Mayo

Dalam prakteknya diet mayo terbilang sederhana, tetapi juga suit untuk dilaksanakan. Dibilang sederhana karena pantangannya hanyalah garam dan air es. Menjadi sulit karena apabila sekali saja melanggar pantangan diet harus dimulai lagi dari awal, maka harus benar-benar disiplin dalam pelaksanaannya. Selain pantangannya, syarat diet ini adalah kamu diwajibkan minum air putih minimal 8 gelas (2 liter) perhari, dan makan malam terakhir hanya boleh sampai jam 6 saja. Hal yang perlu di catat dari diet ini adalah dilakukan paling lama hingga 2 minggu saja, dan disarankan hanya boleh dilakukan sekali dalam setahun. Ini bertujuan supaya tubuh tidak kehilangan zat garam (iodium) secara total, karena secara medis tubuh membutuhkan iodium dalam proses pencernaan makanan.

 

3. Diet Vegan

Pernah dengar kata vegetarian? Itulah sebutan bagi para pelaku diet vegan. Pelaku diet vegan menghindari secara total makanan yang berasal dari hewan seperti daging, telur, susu, dan bahkan juga madu yang dihasilkan lebah. Selain untuk diet sehat, tujuan dari diet ini adalah untuk turut menjaga lingkungan dengan menghindari konsumsi produk-produk hewani. Pelaku vegan yang paling ketat bahkan menentang produk non-makanan yang berasal dari hewan seperti pakaian, sepatu, tas, dan produk lainnya.

 

4. Diet Food Combining

Prinsip dari pola diet ini adalah tidak boleh mengkonsumsi karbohidrat dan protein dalam waktu yang bersamaan, itu karena kedua hal tersebut sulit untuk dicerna secara bersamaan, dan jika tidak tercerna dengan baik sisa makanan akan terus menumpk dan menjadi penyakit. Dalam food combining diperbolehkan untuk makan karbohidrat dengan sayuran atau sayuran dengan protein. Enaknya dari metode diet ini adalah kita diperbolehkan untuk makan sebanyak apapun yang kita mau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Aortic Aneurysm

Mengenal Aortic Aneurysm yang Merenggut Nyawa Pak Bondan

Demi Ucok – Get Married, Live for others, Live Happily ever after